Thursday, February 1, 2024
Google search engine
HomeArtikelSawit Anda Ngetrek..?, New Proboost Asal Kabupaten Seluma Solusinya

Sawit Anda Ngetrek..?, New Proboost Asal Kabupaten Seluma Solusinya

suarajurnalis.com|| Seluma – Meski harga TBS kelapa sawit kini merangkak naik mendekati Rp 2 ribu per kilogramnya, namun dengan hasil panen yang minim berpengaruh terhadap hasil pendapatan para petani sawit saat ini. Hasil panen mayoritas petani sawit di Kabupaten Seluma saat ini menurun akibat mengalami musim ngetrek (stagnasi).

Selama ini, para petani sawit mengeluhkan tingginya harga pupuk kimia, mulai Urea, TSP, KCL, NPK dan lainnya. Namun untuk mengatasi hal tersebut, Turiman Djarot salah seorang penggiat dan pendiri asosiasi nasional pemuda tani organik nusantara, menjadi pembina petani organik dari Aceh hingga ke Papua.

Ia yang juga merupakan petani Sacha Inchi asal Desa Rawa Indah Kecamatan Ilir Talo, berhasil berinovasi menciptakan booster nutrisi tanaman yang telah terbukti dan teruji oleh para petani kelapa sawit.

New Probost Booster nutrisi tanaman ini dibuatnya dari sejumlah bahan organik. Booster buatannya ini telah terbukti dan teruji untuk berbagai jenis tanaman buah, sayuran, bunga dan tanaman keras lainnya.

“Probost buatan saya ini, sudah diuji, fungsinya tidak hanya bisa menyuburkan tanah namun juga menjadi solusi mahalnya pupuk kimia bagi para petani sawit saat ini, terlebih lagi dengan Probost buatan saya ini, bisa mengatasi sawit agar tidak ngetrek atau mengalami stagnasi,” terang Djarot.

Lanjutnya, Probost nutrisi tanaman buatannya ini sudah dipraktekkan para petani sawit yang hasilnya memuaskan dalam mengatasi buah stagnan pada tanaman kelapa sawit.

“Ini saya ciptakan karena banyak permintaan para petani sawit yang mengeluh harga pupuk kimia saat ini, makanya saya ciptakan pupuk organik cair dengan harga yang terjangkau,” tuturnya.

Untuk satu liter Probost Booster nutrisi tanaman yang ia buat, mampu untuk 1 hektare tanaman kelapa sawit baik yang sudah berbuah maupun yang sudah berbuah.

“Takarannya per tabung semprot berkapasitas 15 liter, cukup 10 ml atau 7 tutup botol kemasan Probost Booster nutrisi tanaman ini, terus kita semprotkan ke berbagai jenis tanaman, termasuk kelapa sawit,” ucapnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments