Friday, February 9, 2024
Google search engine
HomeArtikelSawit Anda Ngetrek..?, New Proboost Asal Kabupaten Seluma Solusinya

Sawit Anda Ngetrek..?, New Proboost Asal Kabupaten Seluma Solusinya

Turiman Djarot, pria kelahiran Lampung pada 5 April 1979 silam dan yang telah dikaruniai tga orang anak ini, sebelumnya menjadi sorotan Ditjen Pengendalian Hama Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, karena inovasi-inovasinya menciptakan produk unggulan untuk membantu masyarakat petani baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Produk inovasi yang diciptakannya yakni berupa Proboost, Serum Lactobacilus Asam Laktat, Asam Amino dan Eco Enzyme yang difermentasikan menjadi 8 turunan produk lainnya yang dihasilkan, salah satunya yang digunakan petani untuk mengendalikan hama.

Namun banyak produk lain yang dapat dikonsumsi manusia, seperti sampah dari cangkang kacang sacha inchi (plukenetia volubilis), kemudian disulapnya menjadi minuman herbal dan kini mulai diminati oleh masyarakat, lantaran dipercaya mampu mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Pria lulusan STM otomotif dan pernah berkecimpung menjadi karyawan di PLN ini, membanting stir menjadi seorang petani, karena merasa lebih nyaman menikmati hidupnya.

Selama berproses meninggalkan pekerjaan lamanya, ia tak luput dari jatuh bangunnya dalam berinovasi, karena ilmu yang ia dapat, hanya bermodalkan otodidak membaca artikel melalui internet, kitab al filaha yang sesuai dengan literatur tanah berpasir di Desa Rawa Indah, yang kemudian dipraktekkannya ke tanaman sayuran dan buah-buahan yang memenuhi pekarangan rumahnya, sebelum akhirnya berhasil membuahkan hasil yang memuaskan.

Karyanya kini mulai melejit, dan mulai dipasarkan antar pulau dan antar negara setelah kalangan dosen yang bergelar doktor hingga profesor mengakui kejeniusannya.

Bahkan menariknya tidak sedikit laboratorium sejumlah kampus yang berusaha ingin mengklaim riset hasil karyanya, namun ditolaknya meski diiming-imingi pundi-pundi rupiah ratusan juta, dan memilih bersama masyarakat petani, membangun petani berswasembada mandiri.

Sampai saat ini pihaknya telah memiliki klinik Pengendalian Hama Tanaman (PHT) Barokah, yang berada di bawah naungan UPTD Perlindungan Tanaman Pangan, Hortikultura Dan Perkebunan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu.

source: https://ruangjournalist.com/2023/09/07/solusi-atasi-sawit-ngetrek-petani-sacha-inchi-asal-seluma-ini-ciptakan-booster-sawit/

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments